Detail Cantuman Kembali
MARIA BENGA GELEUK - Personal Name

PERJUANGAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL TANAH TABU KARYA ANINDITA S. THAYF: KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita dan mendeskripsikan perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf ditinjau dari feminisme eksistensialis. Penulis tertarik mengkaji novel Tanah Tabu, karena novel ini menghadirkan tokoh perempuan yang mampu berjuang mendapatkan kebebasan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu untuk memperoleh informasi dan gambaran perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tanah Tabu berdasarkan feminisme eksistensialis. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural. Sumber data penelitian adalah novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa fakta cerita pada novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf, terdiri atas tokoh penokohan, alur, dan latar. Tokoh dalam novel ini mempunyai peranan sebagai tokoh utama dan tokoh tambahan. Latar berada di Papua, dengan latar suasana kehidupan masyarakat Papua. Waktu cerita menunjukan tahun 2012, 1946, 1956, 1958, dan 1960. Novel ini mengunakan alur mundur, serta terdapat surprise atau kejutan kepada pembaca. Perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf berdasarkan feminisme eksistensialis, terdiri atas kesadaran sebagai liyan, kebebasan, dan transendensi. Kesadaran sebagai liyan terjadi pada Mabel, Mace, dan Mama Helda. Ketiga tokoh ini menyadari telah tertindas. Melalui kesadaran ini pula, mereka memilih berjuang untuk keluar dari ketertindasan dan menyatakan diri sebagai subjek. Kebebasan dimiliki oleh Mabel, Mace, dan Mama Helda. Mereka bebas menentukan pilihan yang mereka anggap benar dan berani bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Transendensi sebagai perjuangan keberadaan perempuan melalui tindakan. Transendensi dilakukan oleh Mabel, Mace, dan Mama Helda. Mereka menjadi perempuan pekerja, perempuan intelektual, perempuan transformasi sosialis, dan perempuan mengikuti kelompok dominan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERJUANGAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL TANAH TABU KARYA ANINDITA S. THAYF: KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS
Pengarang MARIA BENGA GELEUK - Personal Name
No. Panggil
Subyek tokoh perempuan, novel, feminisme eksistensialis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua