HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN – KIS DI KLINIK PRATAMA KOTA SAMARINDA
Klinik Pratama sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, sehingga terciptanya kepuasan pasien. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di 5 Klinik Pratama pasien menyatakan bahwa pelayanan kurang ramah, dokter tidak tepat waktu, waktu tunggu diperiksa lama, ruang tunggu sempit, informasi kesehatan yang diberikan kurang jelas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya permasalahan dalam mutu pelayanan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta JKN - KIS di Klinik Pratama Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 di 6 Klinik Pratama di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien peserta JKN - KIS yang memanfaatkan pelayanan di 6 Klinik Pratama sebanyak 357 responden dengan teknik sampling menggunakan Multistage Sampling dan dianalisis menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak da hubungan antara kompetensi teknis dengan kepuasan pasien (p value = 0,607), ada hubungan efektifitas pelayanan dengan kepuasan pasien (p value = 0,031), ada hubungan aspek hubungan antar manusia dengan kepuasan pasein (p value = 0,024), ada hubungan kenyamanan dengan kepuasa pasien (p value = 0,034). Oleh karena itu, maka klinik pratama perlu meminimalkan waktu tunggu pasien untuk mendaftar, memaksimalkan waktu konsultasi terkait penyakit yang diderita pasien dan memberikan kenyamanan kepada pasien pada fasilitas di ruang tunggu sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN – KIS DI KLINIK PRATAMA KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DEWI ASTUTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kepuasan Pasien, Klinik Pratama, JKN - KIS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY