Detail Cantuman Kembali
ARBAIN YUSUF RAMBE - Personal Name

ANALISIS PENJADWALAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (STUDI KASUS: TK HANDAYANI IV, BALIKPAPAN)

Dewasa ini, dunia industri jasa terutama jasa konstruksi bersaing ketat dalam melakukan pemasaran. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persiangan perusahaan komersil yang mendalami produk dan jasa di bidang proyek, perusahaan mengeluarkan semua kreativitas untuk mendapatkan sebuah tender. Keberhasilan perusahaan kontraktor dalam persaingan membutuhkan metode manajemen proyek. Menyelesaikan sebuah proyek harus berpegang pada kesesuaian dengan waktu dan biaya yang diterapkan, memberikan perhatian serius untuk menghindari keterlambatan proyek, sehingga diperlukan pengkajian dalam proses pelaksanaan
proyek. CV. Seri Gunung adalah perusahaan yang bergerak pada jasa kontrakator dan supplier. Masalah yang sering terjadi pada CV. Seri Gunung adalah pada kesalahan dalam penjadwalan poyek seperti kurang tepat dalam hal melakukan estimasi waktu. Keterlambatan proyek yang dikerjakan akan mengalami kerugian dalam segi biaya dan waktu. PERT (Project Evaluation Review Technique) adalah suatu metode yang bertujuan untuk mengurangi adanya penundaan kegiatan, mengkoordinasi dan menyelaraskan berbagai bagian sebagai suatu keseluruhan pekerjaan, dan mempercepat selesainya proyek-proyek. Analisis dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap analisis jaringan kerja, tahap analisis jaringan kritis, dan analisis probabilitas waktu. Berdasarkan analisis jaringan kerja yang telah dibuat, didapatkan bahwa jaringan kerja terdiri dari 11 kegiatan yang mana kegiatan dimulai dengan kegiatan persiapan dan pembersihan lokasi dan diakhiri dengan kegiatan pemasangan permainan pada halaman bermain. Dari jaringan kerja yang telah dibuat, maka analisis jaringan kritis dapat diketahui terdapat 9 kegiatan kritis dan 2 kegiatan non kritis. Sedangkan pada analisis probabilitas waktu, berdasarkan target waktu proyek selama 51 hari dapat diketahui probabilitas penyelesaiannya sebesar 36,69%. Untuk itu,agar proyek dapat selesai mencapai 100% atau hampir mendekati 100% maka penyelesaian proyek perlu dilakukan selama 58 hari yaitu besar probabilitas waktu penyelesaiannya adalah 98,077%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENJADWALAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (STUDI KASUS: TK HANDAYANI IV, BALIKPAPAN)
Pengarang ARBAIN YUSUF RAMBE - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis Penjadwalan, Proyek, PERT
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua