Detail Cantuman Kembali
Searphin Nugroho - Personal Name

ANALISIS JARINGAN PERPIPAAN DISTRIBUSI AIR BERSIH (STUDI KASUS: KELURAHAN HARAPAN BARU)

Distribusi air di Kota Samarindamasihbelumsepenuhnya optimal dikarenakanbeberapafaktor, yaknitekanan air di dalampipa yang rendahpadawaktutertentusehingga air tidakmengalir,dankehilangan air fisiksepertikebocoranpadapipadistribusidantransmisisertakebocoran di pipadinashinggakemeteranpelanggan. Permasalahanini juga terjadi di KelurahanHarapanBaru, sehinggaperludilakukanpenelitianlebihlanjutterhadapjaringanperpipaandistribusi air bersih di KelurahanHarapanBaru.

Variabel yang dianalisisialahtekanan air dankecepatanaliran air di dalampipadenganmenggunakankriteriapipadistribusidariPeraturanMenteriPekerjaanUmum No.18/PRT/M/2007sebagai acuan.Perangkatlunak yang digunakanuntukmelakukananalisistersebutialah EPANET 2.0.Selainitu, dilakukan juga pengukurantekanan air di lapanganpadakranpelanggandenganmenggunakanmanometer, yang nantinyahasilpengukuranakandibandingkandenganhasilsimulasi EPANET 2.0. Apabilatekanan air dankecepatanaliran air padajaringanberada di bawahkriteriapipadistribusi, makaakandibuatrencanarekomendasiperbaikanjaringanperpipaandistribusi air bersihdenganmenyesuaikandengankriteriapipadistribusidariPeraturanMenteriPekerjaanUmum No.18/PRT/M/2007.

Dari hasilpenelitian,diketahuiterdapatsebanyak 7junction yang nilaitekananairnya di bawahbatas minimum kriteriapipadistribusidariPeraturanMenteriPekerjaanUmum No.18/PRT/M/2007 sebesar 0,5atm, sertasebanyak 11pipe yang nilaikecepatanaliranairnya di bawahbatas minimum kriteria yang samasebesar 0,3 m/s. Selainitu, terdapatperbedaannilaitekanan air yang cukupsignifikanantarahasilsimulasi model EPANET denganpengukuranlangsungpadakranpelanggan. Rekomendasiperbaikanjaringanperpipaandistribusi air bersih di KelurahanHarapanBaruuntukmengoptimalkandistribusi air bersihdenganmenyesuaikanprioritas PDAM TirtaKencanadalamdistribusi air bersihberupatekanan minimum sebesar 0,5 bar padapelanggandankontinuitas, yakniperubahanpengaturantekananpadavalve existing, danpenambahanpompabooster padabeberapatitik.
Kata kunci: Distribusi air bersih, EPANET 2.0, Jaringanpipa, Kecepatan,KelurahanHarapanBaru,Tekanan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS JARINGAN PERPIPAAN DISTRIBUSI AIR BERSIH (STUDI KASUS: KELURAHAN HARAPAN BARU)
Pengarang Searphin Nugroho - Personal Name
No. Panggil
Subyek Distribusi air bersih, EPANET 2.0, Jaringanpipa, K
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua