Detail Cantuman Kembali
SANTI SUARDI - Personal Name

STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Santi Suardi, Studi Tentang Tata Ruang Kantor untuk Mencapai Efisiensi Kerja Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M,Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tata ruang kantor dan untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penghambat dalam penataan tata ruang kantor.
Dengan fokus penelitian yaitu masalah yang dihadapi dalam penataan tata ruang kantor yaitu pengaturan ruang kerja, pengaturan/penyusunan peralatan kerja, tata cahaya, warna, udara, suara, dan mengindentifikasi faktor- faktor penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis data model interaktif. Sedangkan metode penelitian lebih menekankan pada metode deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pengaturan ruang kerja dan peralatan kantor pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda tidak menerapkan asas jarak terpendek dan asas rangkaian kerja. Alur prosedur kerja yang berbelok dan menyilang dan peralatan kerja yang diletakkan tidak dekat dengan tempat duduk pegawai mengakibatkan pegawai melakukan pemborosan waktu dan tenaga sehingga menimbulkan rasa cepat lelah bagi pegawai, kondisi tersebut menunjukkan efisiensi dalam bekerja tidak terwujud, faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi seperti cahaya/penerangan yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan menyebabkan mata cepat lelah yang berakibat pada mutu pekerjaan, latar warna biru pada dinding Dinas Perhubungan Kota Samarinda memberikan efek sejuk dan keleluasaan, kualitas udara yang kurang baik sehingga mengganggu kesehatan pegawai, suara musik yang sering diperdengarkan sebagai alat relaksasi bagi pegawai mampu meningkatkan semangat pegawai dalam bekerja. Gedung yang kecil dengan pegawai yang banyak mengakibatkan ruang kerja menjadi sempit merupakan faktor penghambat dalam penataan ruang kantor, selain itu kurangnya peralatan kantor yang dibutuhkan dalam bekerja dan untuk memenuhinya dibutuhkan proses yang lama, hal tersebut mengakibatkan pegawai menggunakan peralatan pribadi untuk memenuhinya, kondisi tersebut dikatakan tidak efisien sebab dikerjakan dengan tidak mudah dan tidak murah.



Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Efisiensi Kerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA
Pengarang SANTI SUARDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua