Detail Cantuman Kembali
FATHUR ROHMAN - Personal Name

KOMPOSISI CAMPURAN SERBUK ARANG PELEPAH KELAPA SAWIT(Elais guineensis Jacq) DAN SERBUK ARANG PELEPAH AREN (Arenga pinnata Merr) TERHADAP KUALITAS BRIKET ARANG


FATHUR ROHMAN . Komposisi campuran serbuk arang pelepah kelapa sawit (Elais guineensis Jacq) dan serbuk arang pelepah aren (Arenga pinnata Merr) terhadap kualitas briket arang. (Di bawah bimbingan Bapak Rindayatno, S.Hut.,MP dan Bapak Agus Nur Fahmi, S.Hut., MP).
Dalam rangka penghematan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, limbah perkebunan yaitu pelepah kelapa sawit dan pelepah aren mempunyai peluang untuk dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber energi alternatif yangbermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Pemanfaatan dilakukan dengan mengolah limbah pelepah kelapa sawit dan pelepah aren menjadi briket arang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kombinasi terbaik dari komposisi bahan baku briket arang dari campuran serbuk arang pelepah kelapa sawit (Elais guineensis jacq) danpelepah aren (Arenga pinnata merr ) yang dapat menghasilkan kualitas briket arangyang terbaik. Proses pembuataan briket arang meliputi persiapan bahan baku, pengarangan bahan baku, pembuatan serbuk arang, pengayakan serbuk arang, pencampuran serbuk arang, pembuatan bahan perekat, perhitungan dan pembuatanbriket arang pengeringan briket arang serta pengkondisian briket arang. Penelitianini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan untuk pengujian kerapatan, kadar air, kadar zat mudah menguap, kadar abu dan kadar karbon terikat dan untuk pengujian keteguhan tekan dan nilai kalor dilakukan sebanyak 5 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan kombinasi komposisi 100% pelepah sawit, 25% pelepah aren dan 75% pelepah kelapa sawit, 50%pelepah aren, 50% pelepah kelapa sawit, 75% pelepah aren, dan 25% pelepah kelapa sawit serta 100% pelepah aren. Briket arang hasil dari penelitian ini memberikan nilai rataan untuk kerapatan 0,528-0,617 g/cm3, kadar air 5,621-4,174%, keteguhan tekan 4,770-92,70 kg/cm2, kadar zat mudah menguap 39 - 36,80%, kadar abu 12,0 6,50%,kadar karbon terikat 49,0 -56,70% dan nilai kalor 5.113-5.843 Kal/g.
Kualitas briket arang secara keseluruhan dari pengujian serta berdasarkan kombinasi komposisi memberikan hasil terbaik pada perlakuan E (pelepah aren 100%) dengan nilai rataan komposisi dari arang pelepah aren 100% pada perlakuan E yakni kerapatan 0,617 g/cm3, kadar air 4,174%, keteguhan tekan 92,700 kg/cm2, kadar zat mudah menguap 36,800%, kadar abu 6,500%, kadar karbon terikat 56,700% dan nilai kalor 5.843 kal/g. Hasil pengujian dari briket arang menunjukkan bahwa briket arang yang dihasilkan sebagian telah memenuhi acuan kualitas briket arang dari P3HH, Negara Jepang dan Inggris serta SNI 01-6235-2000.
Kata kunci : Briket Arang, Pelepah Kelapa Sawit Dan Pelepah Aren.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMPOSISI CAMPURAN SERBUK ARANG PELEPAH KELAPA SAWIT(Elais guineensis Jacq) DAN SERBUK ARANG PELEPAH AREN (Arenga pinnata Merr) TERHADAP KUALITAS BRIKET ARANG
Pengarang FATHUR ROHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Briket Arang, Pelepah Kelapa Sawit Da
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua