Detail Cantuman Kembali
TRI NONIK SUMARYANTI - Personal Name

PENGARUH ROA, EPS, NPM & ROE TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Tri Nonik Sumaryanti, “Pengaruh ROA, EPS, NPM & ROE terhadap Harga Saham Perusahaan Sub-Sektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Dibawah bimbingan Bapak Eko A. Widyanto, SE., M.SA selaku pembimbing I dan Ibu Rr. Marliana W, SE., MM selaku pembimbing II.
Harga pasar suatu saham mencerminkan nilai dari sebuah perusahaan, sehingga naik turunnya Harga Saham sebuah perusahaan menunjukkan naik turunnya nilai perusahaan bagi para investor yang menanamkan modal diperusahaan tersebut. Variabel ROA, EPS, NPM dan ROE merupakan variabel yang mendasar dalam pengambilan keputusan oleh para investor dan apabila keempat variabel tersebut meningkat maka dapat dipastikan bahwa Harga Saham juga akan mengalami peningkatan. Sehingga peneliti merumuskan masalah apakah keempat variabel tersebut secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, serta variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap Harga Saham. Dari rumusan masalah yang ada maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis ROA, EPS, NPM dan ROE, secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, serta untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap Harga Saham.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga mendapat 5 sampel perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat laporan keuangan perusahaan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan nilai probabilitas sig F sebesar 0,000 < 0,05 artinya secara simultan variabel ROA, EPS, NPM & ROE berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan secara Parsial variabel EPS & ROE berpengaruh tetapi tidak signifikan dan variabel ROA & NPM berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham Perusahaan Sub-Sektor Batu Bara.
Sebaiknya perusahaan terus meningkatkan Return On Asset (ROA), selanjutkan mempertahankan Earning Per Share (EPS), dan mengevaluasi kinerja perusahaan untuk rasio Net Profit Margin (NPM), agar dapat meningkatkan Return On Equity (ROE), karena hal tersebut merupakan salah satu strategi untuk menarik para investor agar mau berinvestasi.


Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) dan Harga Saham.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH ROA, EPS, NPM & ROE TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Pengarang TRI NONIK SUMARYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Ne
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua