PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 11 SAMARINDA (Materi Suhu dan Kalor)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Samarinda adapun sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitudengan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen, desain one group pretest-posttest design.
Instrumen penelitian yang digunakan instrumen tes tertulis berupa soal essaysebanyak 10 soal. Hasil rata-rata nilai pretest sebesar 30,11 termasuk dalam kategori tidak kritis dan sesudah diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing didapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 76,62 termasuk dalam kategori kritis.
Hasil perolehan rata-rata N-Gain indikator berpikir kritis adalah 0,67 kategorisedang. Pada indikator elementary clarification diperoleh N-Gain sebesar 0,64kategori sedang, indikator basic support diperoleh N-Gain sebesar 0,58 kategorisedang, indikator inference diperoleh N-Gain sebesar 0,54 kategori sedang,indikator advance clarification diperoleh N-Gain sebesar 0,78 kategori tinggi, dan pada indikator strategy and tactics diperoleh N-Gain sebesar 0,82 kategori tinggi.
Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan ditemukan bahwa terdapat perbedaansignifikan hasil pre-test dengan post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Samarinda.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Fisika, Suhu dan Kalor
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 11 SAMARINDA (Materi Suhu dan Kalor) |
---|---|
Pengarang | MAYSSY SAFITRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | S1-PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY