Detail Cantuman Kembali
LADY AGUSTIN - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian pada materi suhu dan kalor ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimentdesign dengan metode One Group-Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Di SMA Negeri 9 Samarinda Tahun ajaran 2019/2020 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 36 orang.
Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes dengan soal berbentuk essay sebanyak 10 soal, serta menggunakan teknik analisis data dengan uji N-Gain dan uji-t berpasangan. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang di uji menggunakan N-Gain dengan nilai N-Gain sebesar 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antarapretest dan posttest hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Suhu dan Kalor



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor)
Pengarang LADY AGUSTIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua