PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian pada materi suhu dan kalor ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimentdesign dengan metode One Group-Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Di SMA Negeri 9 Samarinda Tahun ajaran 2019/2020 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 36 orang.
Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes dengan soal berbentuk essay sebanyak 10 soal, serta menggunakan teknik analisis data dengan uji N-Gain dan uji-t berpasangan. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang di uji menggunakan N-Gain dengan nilai N-Gain sebesar 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antarapretest dan posttest hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Suhu dan Kalor
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor) |
---|---|
Pengarang | LADY AGUSTIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY