ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA DALAM PERCAKAPAN PEMBELAJARAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SAMARINDA (KAJIAN PRAGMATIK)
Fadel Muhammad Munir, 2019. Analisis Prinsip Kerja sama dalam Percakapan Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Samarinda (Kajian Pragmatik).
Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Drs. Syaiful, M.Hum. sebagai pembimbing I dan Dr. Hj.Widyatmike GM, M.Hum. sebagai pembimbing II.
Kata kunci: Prinsip Kerja Sama, Maksim, Percakapan
Prinsip kejasama dalam percakapan merupakan salah satu faktor yangberpengaruh terhadap pembelajaran siswa di sekolah agar menciptakan hubunganharmonis untuk menjalin kerjasama dan menghindari konflik berdasarkan norma sosial yang berlaku. Dalam pandangan tersebut tuturan guru dan siswa sebagai unit terkecil percakapan di kelas dipandang sebagai tindak tutur yang mempunyai fungsi dan dampak tertentu, membuat peneliti tertarik untuk meneliti tuturan
tersebut. Latar belakang penelitian ini adalah percakapan antara guru dan siswa pada saat pembelajaran yang merupakan peristiwa tutur sehingga terdapat analisisprinsip kerjasama dalam percakapan pembelajaran di sekolah yang memilikimakna dan tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pematuhan maksim prinsip kerjasama dan pelanggaran maksimprinsip kerjasama dalam percakapan pembelajaran di SMA Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metodepengolahan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa data yang dikumpulkan terdapat empat pematuhan maksim prinsip kerjasama menurut Grice yakni pematuhan maksimkuantitas, pematuhan maksim kualitas, pematuhan maksim relevansi, danpenatuhan maksim pelaksanaan dan dua pelanggaran maksim prinsip kerjasamamenurut Grice yakni pelanggaran maksim kuantitas, dan pelanggaran maksim pelaksanaan. Kesimpulan dari penelitian dalam percakapan pembelajaran di SMA Negeri 1 Samarinda yakni adanya pematuhan dan pelanggaran maksim prinsip kerjasama Grice, maka dapat meningkatkan kerjasama di sekolah baik itu antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya dan semua warga sekolah dalam memecahkan suatu masalah atau kesulitan dalam berkomunikasi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA DALAM PERCAKAPAN PEMBELAJARAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SAMARINDA (KAJIAN PRAGMATIK) |
---|---|
Pengarang | FADEL MUHAMMAD MUNIR - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Prinsip Kerja Sama, Maksim, Percakapan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Bahasa Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY