Detail Cantuman Kembali

KAJIAN DINAMIKA KELOMPOK DAN ANALISIS FINANSIAL POKLAHSAR “TITIAN ULIN” DI DESA PONDONG BARU KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER (STUDI KASUS)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kelompok, faktor pembentuk dinamika kelompok, tingkat dinamika kelompok dan kelayakan usaha Poklahsar Titian Ulin di Desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Metode pengambilan sampel yang digunakan metode sensus, dengan jumlah responden sebanyak 5 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dari Poklahsar Titian Ulin adalah memiliki tujuan dan minat yang sama dalam mengubah pola usaha, dan merupakan kelompok pemula dibawah naungan dinas perikanan serta sebagai unit produksi pengolahan di Desa Pondong Baru. Faktor-faktor pembentuk dinamika kelompok Poklahsar Titian Ulin antara lain perilaku individu sebesar 12,6 kategori kelas dinamis, aspek kelompok sebesar 9,4 kategori kelas cukup dinamis, aspek kepemimpinan sebesar 9,4 kategori kelas cukup dinamis, konsep komunikasi kelompok sebesar 12,2 kategori kelas dinamis dan potensi konflik sebesar 10,4 kategori kelas cukup dinamis. Tingkat dinamika kelompok secara kumulatif Poklahsar Titian Ulin adalah sebesar 54 dengan kategori kelas cukup dinamis. Usaha Poklahsar Titian Ulin secara finansial layak untuk dikembangkan, dibuktikan oleh nilai kriteria investasi yang terdiskonto, NPV = Rp.111.261.411, IRR = 196%, Net B/C = 13,69, dan PbP = 0,730 tahun. Berdasarkan analisis BEP, kondisi aktual usaha Poklahsar Titian Ulin berada diatas kondisi BEP dari aspek penjualan, jumlah produksi dan harga. Usaha Poklahsar Titian Ulin peka (sensitif) terhadap perubahan variabel-variabel ekonomi (harga 86,5%, jumlah produksi 86,5%, harga 55% dan produksi 70% serta biaya operasional dan pemeliharaan 300%).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN DINAMIKA KELOMPOK DAN ANALISIS FINANSIAL POKLAHSAR “TITIAN ULIN” DI DESA PONDONG BARU KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER (STUDI KASUS)
Pengarang ANDI SYARIFAH NURHIDAYAH ATTAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek nalisis Finansial, Dinamika Kelompok, Poklahsar Ti
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Agribisnis Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua