Detail Cantuman Kembali

PERAN PENYULUH PERIKANAN TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN LELE (Clarias sp) DI KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR (Kasus Pada Kelompok Pembudidaya CLARIAS SP dan KARYA SUBUR)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan penyuluh perikanan dalam pengembangan usaha kelompok pembudidaya ikan lele di Kecamatan Balikpapan Timur. Penelitian ini dilaksanakan mulai Januari – Maret di Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Data di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan model skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran penyuluh perikanan Terhadap Pengembangan Usaha Kelompok Pembudidaya Ikan Lele dapat dilihat secara parsial dan akumulatif. Peranan penyuluh perikanan secara parsial berada pada kategori “Sedang” dengan perincian skor nilai interval tiap indikator adalah Peran Penyuluh sebagai Motivator sebesar 9,47 , Edukator sebesar 9,79, Katalisator sebesar 9,32, Organisator sebesar 9,21, Komunikator sebesar 8,42, Penasehat sebesar 9,79 dan Tingkat peran penyuluh dalam menumbuhkan dan mengembangkan kelompok secara akumulatif berada pada tingkat “Sedang” dengan skor sebesar 56. Keterkaitan peranan penyuluh perikanan dalam meningkatkan produktivitas usaha menurut pembudidaya ikan lele kelompok CLARIS SP dan KARYA SUBUR sudah cukup baik dalam membantu pembudidaya meningkatakan kemampuan budidaya kearah yang lebih baik dan lebih menghasilkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERIKANAN TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN LELE (Clarias sp) DI KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR (Kasus Pada Kelompok Pembudidaya CLARIAS SP dan KARYA SUBUR)
Pengarang Muhammad Dimas Yudhi Saputra - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran Penyuluh Perikanan, Keterkaitan Terhadap Pen
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua