PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 002 MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Metode Inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan 40 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Muara Badak. Model pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi, teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah: 1)Terjadi peningkatan keterampilan guru dalam tiap-tiap siklusnya. Guru terampil rnengelola proses belajar mengajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri yang ditandai dengan hasil rata-rata guru memenuhi kriteria baik yaitu Pada siklus I rata-rata keterampilan guru yang diperoleh 3,11 dengan persentase 77.7% (baik), siklus II meningkat menjadi 3,22 dengan persentase 80.5%
(baik) dan pada siklus III meningkat lebih baik lagi menjadi 3,5 dengan persentase 88.8% (sangat baik). 2) Terjadi perubahan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri, yang ditandai dengan motivasi siswa baik. Keaktifan siswa dalam bekerja sama, mengeluarkan pendapat, merespon jawaban teman, dan berdiskusi melakukan penemuan dan simulasi dalam kelompok mengalami peningkatan dari tiap-tiap siklusnya yaitu Pada siklus I rata-rata motivasi siswa 18.1 dengan persentase 43,5% (cukup), siklus II meningkat menjadi 28 dengan persentase 68,5% (baik), dan rata siklus III terjadi peningkatan lebih baik lagi menjadi 31,2 dengan persentase 85.9% (sangat baik). 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya ketuntasan individu siklus I 61,07, siklus II 75,09, siklus III 86,4. Juga mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal dalam pembelajaran IPA khususnya dalam pencapaian kompetensi dasar mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan yaitu dari siklus I 60.7%, siklus II 85%, siklus III 90%
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 002 MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | HAMIDAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Metode Inquiri, Motivasi, Hasil Belajar IPA |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | PASCASARJANA KEPENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY