Detail Cantuman Kembali
ADE AHMAD SURYA DILAGA - Personal Name

ANALISIS KUALITAS AIR DANAU JEMPANG DI DESA TANJUNG ISUY KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT



Ade Ahmad Surya Dilaga, 2019. Analisis kualitas air Danau Jempang Di Desa Tanjung Isuy Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat dibawah bimbingan Ibu Sri Purwati, S. Pd, M. Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. H. Jailani, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air danau, kelayakan airdanau untuk dikonsumsi dan indeks pencemaran air danau di Desa Tanjung Isuy Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini dilakukan selama tigabulan di Desa Tanjung Isuy dan Laboratorium Lingkungan Fakultas Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam Universutas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan pengambilan data yang ada padasaat penelitian tanpa memberikan perlakuan. Pengambilansampel penelitian dilakukan pada 3 stasiun penelitian dengan memperhatikankondisi dan area danau. Penelitian ini menggunakan 14 parameter lingkungansebagai penentu kualitas air danau meliputi bau dan rasa, suhu, kekeruhan, warna,TDS, pH, besi, mangan, seng, DO, BOD, COD, dan total koliform.
Hasil pengukuran dan analisis menunjukkan kualitas air danau di DesaTanjung Isuy secara fisik, kimia, dan biologis berada dalam kondisi yang kurangbaik berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 416 Tahun 1990, PeraturanMenteri Kesehatan RI No 492 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah ProvinsiKalimantan Timur No 02 Tahun 2011. Untuk indeks pencemarannya tergolong cemar sedang pada stasiun 1 dan 2, serta cemar ringan pada stasiun 3 untuk kualitas air bersih. Sedangkan untuk kualitas air minum pada stasiun 1 tergolong cemar berat, stasiun 2 dan 3 tergolong cemar sedang. Hasil ini sesuai perhitungan dengan Metode Indeks Pencemaran yang ada di Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 115 Tahun 2003.
Kata Kunci: kualitas air danau, parameter lingkungan fisik, kimia, biologis, Desa Tanjung Isuy


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KUALITAS AIR DANAU JEMPANG DI DESA TANJUNG ISUY KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang ADE AHMAD SURYA DILAGA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: kualitas air danau, parameter lingkung
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua