Detail Cantuman Kembali
Annisa Nur Fitriani - Personal Name

EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA


Annisa Nur Fitriani, NIM. 1302015107. Efektivitas Pelayanan Rawat Inapbagi Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Lempake Kota Samarinda, dibawahbimbingan Dr. Bambang Irawan, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Dr.Cathas Teguh Prakoso, M.Si selaku Dosen Pembimbing II Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan danmengetahui Efektivitas Pelayanan Rawat Inap bagi Peserta BPJS Kesehatan diPuskesmas Lempake Kota Samarinda dan Faktor Pendukung maupun FaktorPenghambat yang berfokus pada teori Efektivitas menurut Handoko (2003:100)yaitu Efektivitas Biaya, Ketepatan Waktu, Ketepatan dan Objektivitas,
Akuntabilitas, Kegunaan, dan Ruang Lingkup. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptifkualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Puskesmas Lempake Kota Samarinda, kemudian dilakukan upaya observasi dan bertemu langsung melaluiwawancara dengan beberapa pasien dan pegawai Puskesmas Lempake sebagaiinforman dan Kepala Puskesmas Lempake sebagai Key Informan melalui metodepurposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktifyang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPJS Kesehatan pada pasienrawat inap belum berjalan secara efektif, yang mana hal ini dinilai dari belumterlaksananya beberapa karakteristik efektivitas dimana, masih terdapat pasienyang mengeluarkan biaya karena diharuskan membeli obat di Apotek luar yangdisebabkan stok obat yang kosong, keluhan pasien yang mengantri lama padaproses pemeriksaan, ketidakramahan petugas dalam menangani keluhan pasien,dan sarana berupa mobil ambulan dan alat medis EKG lalu prasarana berupakamar mandi khusus kamar inap yang belum memadai. Hal ini dikarenakanberbagai faktor penghambat, seperti kurangnya koordinasi antara pihak Puskesmas dengan Dinas Kesehatan, sumber daya manusia sebagai tenaga pelaksana pelayanan Puskesmas Lempake, dan kekuranglengkapan pada beberapa sarana dan prasarana.
Kata kunci : Efektivitas, Rawat Inap, Program BPJS Kesehatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA
Pengarang Annisa Nur Fitriani - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Efektivitas, Rawat Inap, Program B
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua