Detail Cantuman Kembali

STRATEGI DINAS KETAHANAN PANGAN DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KOTA SAMARINDA



Suksio Rhozan Imana Maksum,Penelitian ini mengenai strategi dinas dalam Meningkatkan ketahanan pangan di Kota Samarinda,dibawah bimbingan Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos. M.M.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan oleh dinas ketahanan pangan dalam meningkatkanketahanan pangan Kota Samarinda sebagai ukuran pencapaian tujuan dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, yakni melalui kebijakan pangan yang bertujuan dalam membantu meningkatkankesejahteraan masyarakat dimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasarnya untuk dapat hidup dengan layakyang dilihat dari strategi-strategi yang dilakukan oleh dinas ketahanan pangankota samarinda. penelitian ini dilaksanakan di Kota Samarinda. pengumpulan data yang dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan mendasarkan data yang ada, penulis berupa menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan startegi-strategi dinas ketahanan pangan belum sepenuhnya efektif,hal ini dibuktikan dengan masih adanya kendala-kendala yang dihadapi ketikapelaksanaan dilapangan seperti kurangnya koordinasi dan adanya aturan yangmenghambat cadangan pangan serta kendala seperti kurangnya aparatur dalam melakukan pengecekan atau pengawasan di lapangan agar data yang diterima daripusat dengan yang di lapangan sesuai. Dan juga untuk pasokan untuk cadangan pangan beras di Kota Samarinda sangatlah mencukupi untuk masyarakat karena Dinas ketahanan Pangan mempunyai kerjasama dengan daerah produsen untuk meningatkan cadangan pangan agar tidak terjadinya kerawanan pangan di Kota Samarinda dengan cara mengadakan terobosan seperti bazar pangan murah dan juga berkerjasama dengan BULOG dalam hal penyediaan dan penyimpanan cadangan pangan pemerintah.
Kata kunci : Strategi, Ketahanan Pangan, Cadangan Pangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI DINAS KETAHANAN PANGAN DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN KOTA SAMARINDA
Pengarang Suksio Rhozan Imana Maksum - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Strategi, Ketahanan Pangan, Cadangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF (PIN)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua