Detail Cantuman Kembali

STRATEGI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DALAM MENANGGULANGI BENCANA KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KOTA SAMARINDA


MUHAMMAD RAHMADITA HIDAYAH, Program Studi S1 Pemerintahan Integratif, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Strategi Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Menanggulangi Bencana Kebakaran Permukiman di Kota Samarinda. Bimbingan bapak Dr. Muhammad Hairul Saleh, M.A sebagai pembimbing I dan ibu Sry Reski Mulka, S.IP, M.I.Pol sebagai pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda dalam Menanggulangi Kebakaran Permukiman di Kota Samarinda.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secaramendalam mengenai strategi Dinas Pemadam Kebakaran dalam menanggulangibencana kebakaran di Kota Samarinda. Analisis data model interaktif dari B.Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran KotaSamarinda telah melaksanakan upaya penanggulangan, pemadaman sertapenyelamatan secara maksimal, intensif dan sistematis. Hal tersebut dapat dilihatpada pemberian pelatihan, sertifikasi serta tunjangan dan insentif untuk memberikan motivasi serta peningkatan skill bagi personil pemadam, menjalin koordinasi dan sinkronisasi program bersama seluruh mitra kerja (Relawan, Balakar dan PMK Swasta) yang terpusat melalui Pusat Komunikasi (PUSKOM),memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat melalui inovasiprogram Kampung Cegah Dini BEKEN SIKAT (Bencana Kebakaran Berbasis Masyarakat), serta menerbitkan rekomendasi dan melakukan pengecekan berkala terhadap alat proteksi kebakaran yang terdapat pada bangunan milik pelaku usaha.
Kata Kunci : Strategi, Penanggulangan, Kebakaran



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DALAM MENANGGULANGI BENCANA KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KOTA SAMARINDA
Pengarang Muhammad Rahmadita Hidayah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Strategi, Penanggulangan, Kebakaran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua