Detail Cantuman Kembali
USWATUN HASANAH - Personal Name

PENGETAHUAN DAN ADAPTASI PETANI PADI SAWAH TERHADAP PERUBAHAN IKLIM DI GIRIREJO KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA

USWATUN HASANAH. Pengetahuan dan Adaptasi Petani Padi Sawah terhadap Perubahan Iklim di Girirejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara.Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2017. (dibawah bimbingan Ndan Imang dan Dina Lesmana).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan adaptasi petani padi sawah terhadap perubahan iklim. Responden ditentukan secara purposive sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini hanyalah petani yang telah memiliki pengalaman berusaha tani minimal 10 tahun dan hingga saat ini masih berusaha tani padi yaitu sebanyak 20 responden. Terdiri dari 10 orang pria dan 10 orang wanita. Metode yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan dan adaptasi petani padi sawah terhadap perubahan iklim menggunakan skala likert dengan menggunakan 5 indikator pengetahuan dan 5 indikator adaptasi. Data diperoleh melalui wawancara terstruktur, Focus Group Discussion (FGD) dan observasi.
Hasil penelitian pengetahuan petani menunjukkan bahwa mayoritas responden dapat menjelaskan pengertian iklim secara umum dengan benar. Sebagian besar sumber informasi perubahan iklim berasal dari pengalaman yang dimiliki. Sebagian besar responden merasakan adanya perubahan iklim yang berdampak negatif bagi kegiatan usatatani padi sawah yang mempengaruhi ketersediaan air, memicu jenis dan tingkat serangan OPT, menurunkan kualitas dan kuantitas panen, dan menyebabkan gagal panen. Sebagian besar responden tidak memiliki perhitungan prakiraan cuaca, namun selalu mempertimbangkan faktor cuaca dalam kegiatan usahataninya.
Adaptasi yang dilakukan antara lain dengan mempercepat waktu tanam dari tahun sebelumnya, merubah teknik pengolahan tanah dengan menggunakan hentraktor, merubah pola tanam menjadi monokultur, merubah teknik pengairan dengan menggunakan mesin generator pada saat kemarau, dan menjadi lebih intensif dalam melakukan pengendalian OPT secara kimia.
Kata Kunci:Prakiraan cuaca, Pranatamangsa, Pananrang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGETAHUAN DAN ADAPTASI PETANI PADI SAWAH TERHADAP PERUBAHAN IKLIM DI GIRIREJO KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Pengarang USWATUN HASANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek USWATUN HASANAH. Pengetahuan dan Adaptasi Petani P
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua