Detail Cantuman Kembali
ZAITUN ERNIWATI - Personal Name

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPNEGERI SE KECAMATAN SUNGAI KUNJANGTAHUN AJARAN 2016/2017

Erniwati, Z. 2016.Pengaruh Disipin Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri Se Kecamatan Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pedidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng M.Pddan (2) Dr. H. Usfandi Haryaka, M. Pd

Kata kunci: DisipinBelajar, Kreativitas BelajardanHasilBelajarMatematika

Penelitianbertujuanmengetahuipengaruhdisiplinbelajardankreativitasbelajarterhadaphasilbelajarmatematikasiswa dikelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda.
Jenis penelitian adalah Ex Post Facto, dalampenelitianterdapatduavariabelbebas, yaitudisiplin belajar (X_1) dan kreativitas belajar (X_2) dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y).Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjangyang berjumlah1.348 siswa, dengansampelpenelitiansebanyak302siswayang diambildari 4 sekolah yang, yaitu SMP N 16, SMP N 25, SMP N 28dan SMP N 40, secara randompenelitianinimenggunakanteknikcluster random sampling. Pengambilan data menggunakaninstrumenangketdisiplinbelajardankreativitasbelajar, sertateshasilbelajarmatematikapadamateribilanganbulat, pecahandanbentukaljabar.Analisis data dilakukandenganmenggunakan program SPSS21.0.
Dari hasil analisis secara deskriptif diketahui bahwa skor rata-rata untuk variabel disipin belajar adalah 124,35, berada pada kategori sedang,skor rata-rata untuk variabel kreativitas belajar adalah 113,45 berada pada kategori sedang dan skor rata-rata untuk variabel hasil belajar matematika adalah 56,10 berada pada kategori sedang.Hasilanalisisinferensialmelaluiregresi linier gandadenganpersamaandugaanŶ= -10,882 + 0,247X1+ 0,320X2,diperolehnilaitarafsignfikansebesar 0,000. Karena tarafsignifikanp sebesar 0,021kurang dariα sebesaar 0,05maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika.Berdasarkanhasilperhitunganmenggunakan program SPSS21.0 diperolehKoefisienDeterminasi (R2)= 0,415yang menunjukkanbahwakontribusidisiplinbelajardankreativitasbelajarterhadaphasilbelajarmatematikasebesar41,5%.Secaraparsialuntukvariabeldisiplinbelajardiperolehnilai taraf signifikansi sebesar 0,000.Karena tarafsignifikanp sebesar 0,000 kurang dariα sebesaar 0,05maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika. Untukvariabelkreativitasbelajardiperolehniai taraf signifikansi sebesar0,000.Karena tarafsignifikanp sebesar 0,000 kurang dariα sebesaar 0,05maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika.Dengandemikian dapat disimpulkan bahwaterdapatpengaruh yang signifikanantaradisiplinbelajardankreativitasbelajarterhadaphasilbelajarmatematikasiswa di kelas VII SMP NegeriSe Kecamatan Sungai Kunjangtahunajaran 2016/2017

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPNEGERI SE KECAMATAN SUNGAI KUNJANGTAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang ZAITUN ERNIWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek DisipinBelajar, Kreativitas BelajardanHasilBelajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua