KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGAPLIKASIKAN DEV PASCAL POKOK BAHASAN ALGORITMA PERCABANGAN KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
Saptian Adi Saputra. 2019. Keterampilan Siswa dalam Mengaplikasikan Dev Pascal Pokok Bahasan Algoritma Percabangan Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer,Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng, M.Pd dan (2) Dydik Kurniawan, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalammengaplikasikan Dev Pascal pokok bahasan algoritma percabangan kelas Xrekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 7 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Samarinda pada bulanNovember 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak I yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan siswadalam mengaplikasikan Dev Pascal. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan tes praktik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengabsahan data menggunakan triangulasi yang menggabungkan data dari beberapa gabungan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mencari kebenaran tentang berbagai fenomena.
Berdasarkan hasil tes praktik yang diberikan kepada siswa kelas X RPLSMK Negeri 7 Samarinda mengaplikasikan Dev Pascal pokok bahasan algoritmapercabangan terdapat 7 siswa atau 21% dengan kategori kurang terampil dan terdapat 27 siswa atau 79% dengan kategori terampil, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa kelas X RPL SMK Negeri 7 Samarinda mengaplikasikanDev Pascal pokok bahasan algoritma percabangan termasuk pada kategori terampil.
Penyebab kurang terampilnya 7 siswa dalam mengaplikasikan Dev Pascal adalahsebagai berikut: (1) Siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran, adasiswa yang melamun, bermain atau bercerita dengan teman sebangku, dankurangnya inisiatif siswa untuk mencoba sendiri materi yang diajarkan, (2) Siswakurang terampil dalam memasukkan icon project, (3) Siswa kurang terampil dalam memasukkan statement program, (4) Kurangnya minat siswa untuk mempelajari Dev Pascal.
Kata kunci : Keterampilan Siswa, Dev Pascal, Algoritma Percabangan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGAPLIKASIKAN DEV PASCAL POKOK BAHASAN ALGORITMA PERCABANGAN KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018 |
---|---|
Pengarang | SAPTIAN ADI SAPUTRA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci : Keterampilan Siswa, Dev Pascal, Algor |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY