PENGARUH PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA MAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Muhammad Hatami. 2019. Pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalam model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Samarinda pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dibimbing oleh Muflihah, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati M.Pd, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalam model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPAMAN 2 Samarinda pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian quasi experiment jenisnon equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XI IPA. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol denganmasing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas XI IPA 1 menggunakan modelproblem based learning terintegrasi nilai-nilai Islam sedangkan XI IPA 2menggunakan model problem based learning. Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes terdiri dari post test dan ulanganharian sedangkan teknik non tes terdiri dari angket sikap dan lembar observasi. Datahasil post test dan ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 adalah 65,7 dan kelas X IPA 2 adalah 57,2. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh integrasi nilai-nilai Islam dalammodel problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MAN 2 Samarinda pada materi larutan penyangga. N-gain dari angket sikap siswa kelas XI IPA 1 sebesar 0,636 berkategori sedang, N-gain angket kelas XI IPA 2 sebesar 0,238 dengan kategori rendah.
Kata kunci: Problem Based Learning, Kognitif, Afektif, Integrasi, Nilai Islam
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI ISLAM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA MAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD HATAMI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Problem Based Learning, Kognitif, Afek |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY