PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI SISWA TENTANG KONSEP REAKSI REDOKS
Maulidina Rizki. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa tentang Konsep Reaksi Redoks. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Mukhammad Nurhadi,M.Si selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati M.Pd, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk mengurangi miskonsepsi tentang pokok bahasanreaksi redoks. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 8 Samarinda yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukanyaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soalulangan harian yang dilengkapi pendeteksi miskonsepsi tipe Three Tier Diagnostic Test dan teknik non tes sebagai data penunjang penelitian. Hasil penelitianmenunjukkan miskonsepsi rata-rata siswa pada pembelajaran langsung adalah 50,71% dan setelah diterapkan pembelajaran ulang menggunakan model PBM ratarata miskonsepsi siswa turun menjadi 12,14%. Berdasarkan hasil analisis data miskonsepsi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran PBM dapat mengurangi miskonsepsi siswa tentang konsep reaksi redoks sebesar 76,05%.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Three Tier Diagnostic Test
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI SISWA TENTANG KONSEP REAKSI REDOKS |
---|---|
Pengarang | MAULIDINA RIZKI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Miskonsepsi, Model Pembelajaran Berbas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY