Detail Cantuman Kembali
SEFTY WULANDARI - Personal Name

CALEG PEREMPUAN DALAM FRAMING BERITA DI MEDIA (Analisis Framing Berita tentang Calon Legislatif Perempuan di Samarinda pada PEMILU 2019 di Media Online kaltim.prokal.co dan kaltim.tribunnews.com)


Sefty Wulandari. 1502055067. SKRIPSI. Caleg Perempuan dalam Framing Berita di Media (Analisis Framing Berita tentang Calon Legislatif Perempuandi Samarinda pada PEMILU 2019 di Media Online kaltim.prokal.co dan kaltim.tribunnews.com). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Soial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. 2019.
Penelitian ini difokuskan pada kerangka serta penulisan teks di mediaonline kaltim.prokal.co dan kaltim.tribunnews.com yang memuat tentang berbagaipemberitaan terkait calon legislatif perempuan di Samarinda. Hal ini dilakukanuntuk dapat mengetahui dan memahami makna yang ada dalam pembingkaianberita yang disajikan. Fokus penelitian ini merujuk pada model framing oleh Zhongdan Pan & Gerald M. Kosicki, yang membagi framing dalam 4 strukturbesar yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Adapun teori lain yangdigunakan adalah Teori Representasi oleh Stuart Hall yaitu tentang representasimental dan bahasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif denganmetode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa teks-teks berita, yangmemuat tentang caleg perempuan Samarinda pada Pemilihan Umum 2019 dimedia online kaltim.prokal.co dan kaltim.tribunnews.com. Berita-berita yang akandianalisis adalah berita yang diterbitkan selama kurun waktu 6 bulan menuju Pemilu 2019, yaitu sejak bulan November 2018 hingga bulan April 2019.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua media online di KalimantanTimur ini memiliki sejumlah perbedaan dalam membingkai berita tentang isu caleg perempuan. Media kaltim.prokal.co memilih jenis berita yaitu In Depth Reporting News, sedangkan kaltim.tribunnews.com memilih untuk konsisten padagaya Straight News. Selain itu, terdapat banyak perbedaan lain seperti pendekatanyang digunakan dalam merepresentasikan bahasa, penggunaan idiom, hingga penambahan ilustrasi gambar maupun dokumentasi yang digunakan.
Kata Kunci : Framing, Caleg Perempuan, Media Online

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CALEG PEREMPUAN DALAM FRAMING BERITA DI MEDIA (Analisis Framing Berita tentang Calon Legislatif Perempuan di Samarinda pada PEMILU 2019 di Media Online kaltim.prokal.co dan kaltim.tribunnews.com)
Pengarang SEFTY WULANDARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Framing, Caleg Perempuan, Media Onlin
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan ILMU KOMUNIKASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua