Detail Cantuman Kembali

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG SEBERANG

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi berbasis website yang mampu memberikan informasi tentang SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang kepada masyarakat dan untuk mempermudah siswa agar bisa belajar diluar jam sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif (gambaran) yang digunakan untuk mencari fakta dari gejala-gejala yang ada. Dalam membangun aplikasi website digunakan metode Rapid Application Development untuk menghasilkan suatu produk. Untuk menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut, menggunakan pengujian blackbox, whitebox dan beta testing. Subjek penelitian ialah 35 orang siswa di kelas X IPA 2
dan 3 orang guru SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang serta 1 dosen ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan buku catatan, lembar validasi dan angket.
Pembuatan website menggunakan metode Rapid Application Development, berisikan 4 fase, yaitu fase membangun syarat-syarat, fase desain sistem, fase konstruksi dan fase pelaksanaan. Fase membangun syarat-syarat, dilakukan pengidentifikasian tujuan aplikasi serta mengidentifikasi syarat-syarat informasi yang ditimbulkan dari tujuan tersebut, di fase ini juga dilakukan pengumpulan data-data. Fase desain sistem, dilakukan beberapa tahapan, tahap pertama membangun proses menggunakan flowchart dan DFD, tahap kedua membangun basis data, tahap ketiga membangun antarmuka. Fase konstruksi, dilakukan pembuatan program terhadap rancangan-rancangan yang telah didefinisikan. Fase pelaksanaan, di fase ini website diserahkan kepada 3 orang guru SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dan 1 dosen ahli untuk divalidasi. Setelah validasi, maka website diuji oleh 35 orang siswa di kelas X IPA 2 menggunakan angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat mencari berita terbaru mengenai SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang secara cepat karena website ini sudah dipublikasi secara online dan dengan website system informasi SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang ini masyarakat luas dapat memperoleh informasi tentang SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang secara meluas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MEMBANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG SEBERANG
Pengarang FIJAYA DWI BIMASAKTI PUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek sistem informasi berbasis website
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua