Detail Cantuman Kembali
NOVITA NIRMAYANTI - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SANGASANGA (Materi Usaha dan Energi)

Model PBL adalah salah satu model pembelajaran dengan menghadapkan permasalahan-permasalahan kepada siswa yang berkaitan dengan kehidupan dunia nyata, dimana siswa tersebut diberikan kesempatan untuk menyelesaikan permasalahan dari berbagai sumber yang ada. Model pembelajaran ini dimulai dengan guru memberikan orientasi siswa pada masalah kemudian mengorganisasi serta membimbing siswa dalam menyelesaikan permasalahan serta menyampaikan hasil karya setiap kelompok kepada siswa lain secara bergantian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar fisika, untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan kemandirian siswa terhadap nilai hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Sangasanga Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 2 sebanyak 30 orang. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada tes evaluasi akhir adalah 79,40 dan sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik menggunakan uji t dua sampel berpasangan dan diperoleh thitung = 27,73 untuk hasil belajar siswa dan ttabel = 1,699 pada taraf 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA 2
SMA Negeri 1 Sangasanga pada materi usaha dan energi. Kemandirian belajar siswa diperoleh 10% memiliki kategori sangat baik, 53,33% memiliki kategori baik serta 36,67% memiliki cukup baik. Pengaruh hasil belajar fisika dan kemandirian belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa diuji dengan uji statistik menggunakan anova dua jalur desain faktorial 3x3 diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,963 dan nilai Ftabel sebesar 2,53 pada taraf 5%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika dengan kemandirian belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa. Namun tidak ada interaksi antara hasil belajar fisika dengan kemandirian belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SANGASANGA (Materi Usaha dan Energi)
Pengarang NOVITA NIRMAYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Problem Based Learning, Kemandirian Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua