ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains kimia siswa pada materi asam dan basa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Samarinda sebanyak 30 siswa melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD) dan teknik non tes yaitu lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan proses sains kimia siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase tiap indikator yaitu keterampilan bertanya 73%, keterampilan menerapkan konsep sebesar 78%, keterampilan merencanakan penelitian 91%, keterampilan menggunakan alat dan bahan 95%, keterampilan mengamati 100%, keterampilan komunikasi 96%, keterampilan menafsirkan 88% dan keterampilan meramalkan sebesar 96%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NISAA UL KHOIRIYYAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Lear |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY