Detail Cantuman Kembali
NUR HIKMAH - Personal Name

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata L.) dan RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L.) TERHADAP PERTUMBUHAN Propionibacterium acnes (Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi Kelas X Pokok Bahasan Manfaat Keanekaragaman Hayati)

Daun ketepeng cina (Cassia alata L.) merupakan tumbuhan yang berkhasiat obat yang memiliki kandungan flavanoid, polifenol, saponin dan alkaloid yang merupakan senyawa antibakteri. Rimpang lengkuas putih (Alpinia galanga L.) adalah tanaman tropis maupun subtropis yang memiliki senyawa antibakteri. Kandungan minyak atsir pada rimpang lengkuas terdiri dari metil sinamat, sineol, kamfer, seskuiterpen, a-pinen, galangin. Propionibacterium acne merupakan bakteri penyebab jerawat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ekstrak daun ketepeng cina (Cassia alata L.) dengan rimpang lengkuas putih (Alpinia galanga L.) terhadap pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. Penelitian ini menggunakan analisis varian (ANAVA) One Way dan dilanjutkan dengan Uji statistik Independent Sampel T – test, dengan masing-masing 5 perlakuan dan 3 kali ulangan, yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu, 50μg, 100μg, 150μg dan 200μg dan 0μg (kontrol negatif).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun ketepeng cina dan rimpang lengkuas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, konsentrasi optimum ekstrak daun ketepeng dan rimpang lengkuas dalam menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes adalah 200μg, akan tetapi ekstrak daun ketepeng cina lebih mampu menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes dibandingkan dengan ekstrak rimpang lengkuas putih (Alpinia galanga L.).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata L.) dan RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L.) TERHADAP PERTUMBUHAN Propionibacterium acnes (Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi Kelas X Pokok Bahasan Manfaat Keanekaragaman Hayati)
Pengarang NUR HIKMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Daun Ketepeng Cina (Cassia alata L.)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua