PENGARUH MEDIA PERMAINAN EDUKASI SPINNER WHEEL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP JAJANAN BERBAHAYA SISWA SD NEGERI 027 SAMARINDA ULU
Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) merupakan pangan yang ditemui di lingkungan sekolah dan secara rutin dikonsumsi oleh sebagian besar anak sekolah. Tidak sedikit pangan yang ditawarkan penjaja makanan mengandung bahan berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. PJAS yang baik sebaiknya diberikan melalui pendidikan kesehatan dengan metode ceramah hingga media. Spinner Wheel merupakan media pendidikan inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar, untuk itu tepat jika diterapkan dalam promosi kesehatan sekolah dasar.
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap jajanan berbahaya menggunakan media permainan edukasi spiner wheel pada siswa kelas III di SD Negeri 027 Samarinda Ulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang dipilih sebanyak 30 siswa. Analisis penelitian menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap dari siswa sebelum diberi media permainan edukasi spiner wheel masih rendah. Setelah pemberian intervensi, hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan (p
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA PERMAINAN EDUKASI SPINNER WHEEL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP JAJANAN BERBAHAYA SISWA SD NEGERI 027 SAMARINDA ULU |
---|---|
Pengarang | ANINDYA MONIKA PUTRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pangan Jajanan Anak Sekolah, Jajanan Berbahaya, Sp |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY