Detail Cantuman Kembali
SUMINI PUJI ASTUTI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Sumini Puji Astuti, 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-jaring Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas V SD Negeri 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Drs. Nicodemus Sere, M.Pd dan Pembimbing II Sukriadi, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Jaring-jaring Bangun Ruang, Model Kooperatif Tipe Make a Match
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019. Rumusan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019?”. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2018/2019 di SDN 008 Sungai Kunjang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 008 Sungai Kunjang yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, persentase, dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus sebesar 55,83 meningkat menjadi 58,73 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 5,19% dan persentase siswa yang tuntas 43,33%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 66,32 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus sebesar 18,79% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 66,67%. Pada siklus III nilai rata-rata menjadi 75,85 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus sebesar 35,86% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang SUMINI PUJI ASTUTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar Matematika, Jaring-jaring Bangun Rua
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua