Detail Cantuman Kembali
BENNY ARYEF TAMPUBOLON - Personal Name

PENDUGAAN STOK KARBON ATAS PERMUKAAN TANAH MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT-8 OLI DI PT. INHUTANI I UNIT LABANAN, KABUPATEN BERAU

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model penduga stok karbon atas permukaan tanah menggunakan analisis regresi data citra Landsat 8 dan membandingkan hasil stok karbon antara perhitungan menggunakan tutupan lahan dan model penduga. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberikan suatu model penduga stok karbon atas permukaan yang baik serta mengetahui stok karbon aktual melalui pendekatan perhitungan berbasis tutupan lahan dan model regresi terbangun.
Penelitian ini dilaksanakan melalui analisis data pengukuran yang dilakukan di PT. Inhutani I Unit Labanan, Kabupaten Berau, dengan menggunakan metode perhitungan stok karbon berbasis tutupan lahan dan melalui pembangunan model penduga karbon menggunakan nilai spektral indeks vegetasi dan nilai karbon plot.
Dari hasil interpretasi citra didapatkan 8 kelas tutupan lahan yang terdapat di PT. Inhutani I Unit Labanan. Model penduga stok karbon terpilih adalah model Power menggunakan indeks vegetasi TVI dengan persamaan 9,608*TVI.
Berdasarkan kelas tutupan lahan jumlah stok karbon total pada lokasi penelitian adalah 16.083.514,25 ton sedangkan jumlah stok karbon berdasarkan model persamaan regresi adalah 11.297.106,34 ton. Pendugaan stok karbon per hektar berdasarkan tutupan lahan adalah 115,67 ton/ha dan berdasarkan model penduga sebesar 81,25 ton/ha.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENDUGAAN STOK KARBON ATAS PERMUKAAN TANAH MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT-8 OLI DI PT. INHUTANI I UNIT LABANAN, KABUPATEN BERAU
Pengarang BENNY ARYEF TAMPUBOLON - Personal Name
No. Panggil
Subyek Karbon, analisis regresi, model penduga, indeks ve
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua