Detail Cantuman Kembali
Rinda Eka Santi - Personal Name

PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2018 DI KABUPATEN PASER



RINDA EKA SANTI, Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Paser sebesar 12,61% dibandingkan dengan pemilu sebelumnya pada saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 di Kabupaten Paser sehingga penulis ingin mengkaji terkait dengan partisipasi pemilih pemula pada saat pemilihan tersebut.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi politik pemilih pemula dalam memberikan suara, kampanye serta berdiskusi politik dan faktor pendorong terjadinya partisipasipolitik pemilih pemula dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 di Kabupaten Paser. Dalam penelitian ini penulismenggunakan 87 responden dari total 664 orang pemilih pemula di Kabupaten Paser. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan sumber datayang penulis peroleh dengan menggunakan teknik probability sampling. Analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan persentase melalui tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian deskriptif.
Hasil dari pembagian kuesioner kepada 87 responden pemilih pemula diKabupaten Paser menunjukan bahwa partisipasi pemilih pemula dalam mengikut kegiatan kampanye tergolong rendah yaitu sebesar 9,19%, kemudian padakegiatan diskusi politik sebesar 45,97% dan pemberian suara pada saat haripemilihan sebesar 65,51% dengan masing-masing partisipasi tergolong sedang. Adapun berkaitan dengan 3 bentuk partisipasi di atas memiliki tingkat partisipasi yaitu sebesar 40,22% dan berada pada tingkat partisipasi sedang. Faktor pendidikan, rasa ingin tahu serta kesadaran politik para pemilih menjadi faktor pendorong mereka dalam turut berpartisipasi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 di Kabupaten paser. Pemilih pemula cenderung memiliki sikap rasa ingin tahu yang tinggi serta belum memiliki pengalaman dalam pesta demokrasi sebelumnya. Hal tersebut menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi pemilih pemula yang pada hakekatnya baru pertama kali menyalurkan hak suaranya pada saat hari pemilihan tahun 2018 lalu di Kabupaten Paser.
Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pemilih Pemula, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2018 DI KABUPATEN PASER
Pengarang Rinda Eka Santi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pemilih Pemula, P
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua