Detail Cantuman Kembali
LIDYA ISABELLA TOYO - Personal Name

PERBANDINGAN PENGELOLAAN DANA DESA PADA DESA MANUNGGAL DAYA DAN DESA SUMBER SARI TAHUN 2017-2018 KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Lidya Isabella Toyo, mengambil penelitian berjudul “Perbandingan Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Manunggal Daya dan Desa Sumber Sari Tahun 2017-2018 Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara” di bawah bimbingan Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Sisebagai dosen pembimbing I dan Sry Reski Mulka, S.IP., M.I.Pol sebagai dosen pembimbing II Program S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Manunggal Daya dan Desa Sumber Sari Tahun Anggaran 2017 s/d 2018. Penelitian ini bersifatdeskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan Dana Desa meliputi unsur berkala dan unsur hukum, serta unsur luar dan dalam.
Pengelolaan Dana Desa oleh Pemerintah Desa Manunggal Daya telah mengikuti aturan petunjuk teknis yang diatur dalam peraturan perundangundangan.
Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)telah sesuai dengan prioritas pembangunan desa serta peran Badan Permusyawaratan Desa dan pendamping desa yang aktif dalam melakukanpengawasan dan pembinaan bagi aparat desa. Namun dalam menyesuaikan peraturan keuangan Desa aparat Desa masih mengalami kesulitan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan.
Sedangkan Desa Sumber Sari dalam pelaksanaan prioritaspenggunaan Dana Desa masih memfokuskan pada pembangunan fisik saja sehingga pelaksanaan kegiatan pada bidang pemberdayaan masyarakat pada tahun 2017 sampai 2018 tidak berjalan, selanjutnya pelaksanaan pembangunan Desa Sumber Sari masih menggunakan tenaga kerja pihak ketiga. Kemudian pendamping desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) belum melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik sehingga pengawasan dan pembinaan pada Desa Sumber Sari kurang berjalan dengan optimal.
Kata Kunci : Pemerintah desa, Pengelolaan, Dana Desa (DD)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBANDINGAN PENGELOLAAN DANA DESA PADA DESA MANUNGGAL DAYA DAN DESA SUMBER SARI TAHUN 2017-2018 KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang LIDYA ISABELLA TOYO - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Pemerintah desa, Pengelolaan, Dana De
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF (PIN)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua