Detail Cantuman Kembali
Aris Rinaldi Affandi - Personal Name

Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Pengelolaan Sampah Sungai Karang Mumus di Kelurahan Temindung Permai Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda

Pengelolaan sampah Sungai Karang Mumus khususnya di wilayah Kelurahan Temindung Permai belum berjalan dengan baik sehingga masih banyak sampah yang tersangkut di kolong rumah warga maupun di kolong jembatan. Kurangnya ketegasan dan minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda sehingga kebersihan Sungai Karang Mumus belum dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Pengelolaan Sampah Sungai Karang Mumus di Kelurahan Temindung Permai Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda dalam pengelolaan sampah Sungai Karang Mumus di wilayah Kelurahan Temindung Permai.
Lokasi Penelitian ini di Kantor Kelurahan Temindung Permai dan di bantaran Sungai Karang Mumus di wilayah Temindung Permai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Deskriptif dengan Data Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mampu menggali bagaimana persepsi masyarakat terhadap kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda dalam pengelolaan sampah Sungai Karang Mumus khususnya di wilayah Kelurahan Temindung Permai. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau reduksi data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek koginitif, afektif, dan konatif. Dari ketiga aspek tersebut terbentuk dua penilaian, yaitu masyarakat menilai kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan sudah baik dan kurang baik. Kinerja dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam pengelolaan sampah Sungai Karang Mumus khususnya di wilayah Kelurahan Temindung Permai belum berjalan seperti apa yang diharapkan. Hal itu disebabkan oleh beberapa hambatan-hambatan yang dimiliki oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Hambatan-hambatan tersebut antara lain: minimnya armada, peralatan, anggaran, dan kurangnya kesadaran warga terhadap kebersihan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Pengelolaan Sampah Sungai Karang Mumus di Kelurahan Temindung Permai Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda
Pengarang Aris Rinaldi Affandi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Persepsi Masyarakat, Pengelolaan Sampah Sungai Kar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Administrasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua