Detail Cantuman Kembali
Okfi Nurhanifah - Personal Name

HUBUNGAN PERSEPSI MASYARAKAT DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI KELUARGA BERENCANA DI KELURAHAN SEMPAJA SELATAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Persepsi Masyarakat Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Keluarga Berencana di Kelurahan Sempaja Selatan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis asosiatif. Definisi operasional variabel persepsi masyarakat (x) terdiri dari sikap, pengetahuan, keluarga dan kebudayaan, kemudian variabel kontrasepsi (y) terdiri dari kontrasepsi MOW/MOP, IUD, Implant, Suntik, Pil dan Kondom. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan penelitian arsip-arsip serta dokumentsi yang ada di Kelurahan Sempaja Selatan. Alat pengukuran data menggunakan skala likert dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data asosiatif kuantitatif, dengan data ordinal dan menggunakan rumus rank spearman.
Dari hasil perhitungan tersebut terdapat hubungan yang rendah antara persepsi masyarakat dengan kontrasepsi di Kelurahan Sempaja Selatan. Dikatakan hubungan kedua variabel tersebut rendah karena nilai variabel persepsi masyarakat (x) sangat tinggi sedangkan dengan variabel kontrasepsi (y) yang sangat rendah, sehingga nilai yang dihasilkan dari variabel x dengan variabel y tinggi. Hal ini disebabkan bahwa persepsi masyarakat memiliki nilai yang tinggi karena masyarakat Kelurahan Sempaja Selatan pada umumnya memahami dan mengetahui mengenai program KB, sedangkan alat kontrasepsi tidak semua masyarakat menggunakan semua alat kontrasepsi, tergantung dengan kenyamanan pengguna kontrasepsi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PERSEPSI MASYARAKAT DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI KELUARGA BERENCANA DI KELURAHAN SEMPAJA SELATAN
Pengarang Okfi Nurhanifah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kebijakan Publik, Persepsi Masyarakat, dan Kontras
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Administrasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua