ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK OPTIMALISASI LAYANAN TELLER BANKALTIM DI SAMARINDA
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pelayanan yang diberikan teller BanKaltim dan untuk mengetahui jumlah teller yang optimal agar tidak menyebabkan antrian yang panjang dengan menggunakan model M/M/S.
Metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara langsung pada objek penelitian untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian dan untuk melengkapi data-data yang telah diperoleh, penulis melakukan wawancara yang tidak terstruktur baik dengan teller maupun nasabah BanKaltim. Metode analisis data menggunakan rumus model 2 M/M/S. Persamaan yang digunakan untuk model ini adalah probabilitas bahwa tidak ada konsumen adalam sistem, probabilitas bahwa seorang konsumen memasuki sistem dan harus menunggu untuk dilayani, rata-rata jumlah konsumen dalam sistem dan antrian masing-masing, rata-rata waktu dalam sistem dan rata-rata waktu antrian masingmasing, tingkat kegunaan fasilitas pelayanan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem layanan teller pada BanKaltim Kantor Cabang Pembantu Juanda dengan 2 teller masih belum optimal. Dapat disimpulkan bahwa jumlah teller optimal yang harus dioperasikan oleh pihak BanKaltim Kantor Cabang Pembantu Juanda adalah 3 teller.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK OPTIMALISASI LAYANAN TELLER BANKALTIM DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Tasha Octavia Balqis - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Optimalisasi Layanan, Analisis Sistem Antrian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Manajemen |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY