PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP IKLAN CLEAN AND CLEAR VERSI 1000 SUKU INDONESIA, WARNA KULIT BERBEDA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif pada Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda)
Annisa Setianing, 1402055028, Persepsi Remaja Putri terhadap Iklan Clean and Clear Versi 1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda di Youtube (Studi Deskriptif pada Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda), dibawah bimbingan Dr. Lailatul Hijrah, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos, M.Med.Kom selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan persepsi remaja putri jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap tayangan iklan Clean & Clear versi 1000 suku Indonesia, warna kulit berbeda di Youtube. Fokus penelitian yang digunakan mengenai persepsi remaja putri Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap iklan Clean & Clear versi “1000 Suku Indonesia, warna Kulit Berbeda” di Youtube meliputi tahapan persepsi menurut Kenneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken juga Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson dalam Mulyana (2017:181-182), yaitu terdiri dari sensasi (penginderaan), atensi (perhatian), dan interpretasi (penafsiran).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Purposive Sampling kepada para informan yang terdiri dari seorang Guru dan beberapa siswi Jurusan tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan (observasi), wawancara kepada para informan yang dipilih melalui Purposive Sampling berdasarkan beberapa kriteria-kriteria tertentu, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi remaja Jurusan tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda terhadap iklan Clean and Clear Versi 1000 suku Indonesia Warna Kulit Berbeda di Youtube mendapatkan persepsi positif. Persepsi positif yakni informan menyetujui bahwa cantik tidak harus berkulit putih karena Indonesia terdiri dari beragam suku dan warna kulit. Para informan menyukai pesan bahwa cantik “gak harus putih” dan pemakain model berkulit hitam yang membangun rasa kepercayaan diri pada para remaja terlepas apapaun warna kulit mereka. Serta daya tarik iklan berupa elemen-elemen Heard words & sound effect (voice), Music, Seen word, Picture, Colour, dan Movement memiliki peran yang sangat penting sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada para informan.
Kata Kunci : Persepsi, Iklan, Warna kulit, Remaja.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP IKLAN CLEAN AND CLEAR VERSI 1000 SUKU INDONESIA, WARNA KULIT BERBEDA DI YOUTUBE (Studi Deskriptif pada Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMKN 3 Samarinda) |
---|---|
Pengarang | ANNISA SETIANING - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Persepsi, Iklan, Warna kulit, Remaja. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY