Detail Cantuman Kembali
Ardiansyah Z - Personal Name

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN TAMU HOTEL MIDTOWN SAMARINDA

Ardiansyah Z. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Tamu Hotel Midtown Samarinda” Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. M. Zaini, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Adietya Arie H, S.Sos, M.AB selaku dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara simultan dan parsial terhadap kepuasan tamu Hotel Midtown Samarinda. 2) untuk mengetahui manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu Hotel Midtown Samarinda.
Penelitian ini dilakukan pada Hotel Midtown Samarinda yang terletak di Jl. Hasan Basri No.58, Kel. Temindung Permai Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu Hotel Midtown Samarinda yang berjumlah 6.420 orang. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, jumlah sampel diperoleh dari perhitungan dengan rumus slovin.
Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis (uji f, uji t dan uji yang paling berpengaruh). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung = 27,919 > 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Dalam hasil uji t (parsial) variabel kualitas pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (X1) 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 6,644 > T tabel 1,660. Dalam hasil uji variabel yang paling berpengaruh variabel kualitas pelayanan (X1) yang paling berpengaruh dengan hasil Standardized Coefficients Beta sebesar 0,610.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan tamu (Y) sebesar 35,2% sedangkan 64,8% sisanya ditentukan oleh variabel lain yang disertakan dalam penelitian.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Tamu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN TAMU HOTEL MIDTOWN SAMARINDA
Pengarang Ardiansyah Z - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Tamu.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua