Detail Cantuman Kembali
NASRIANA - Personal Name

PERAN TENAGA KERJA PEREMPUAN TERHADAP PENGELOLAAN EKOWISATA MANGROVE DI BUKIT SEKATUP DAMAI KOTA BONTANG



Nasriana (Nim 1504015038). Peran Tenaga Kerja Perempuan Terhadap Pengelolaan Ekowisata Mangrove Di Bukit Sekatup Damai Kota Bontang (dibimbing Setiawati dan Rujehan).
Mangrove adalah sebutan umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu komunitas pantai tropik yang didominasi oleh beberapa spesies pohon atau semak-semak khas yang memiliki kemampuan untuk tumbuh di perairan asin.
Berbagai macam produk dan jasa lingkungan yang dapat dihasilkan dariekosistem hutan mangrove. Salah satu jasa lingkungan yang memiliki peluang untuk dikembangkan dan tidak merusak ekosistem hutan mangrove adalah
Ekowisata. Kegiatan Ekowisata dapat dimanfaatkan jika perbaikan telahdilakukan oleh manusia. Ekowisata adalah tiket perjalanan untuk menikmatikeindahan lingkungan tanpa merusak Ekosistem hutan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perempuan dalampengelolaan Ekowisata Mangrove di Bukit Sekatup Damai BSD dan faktor-faktoryang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja di Ekowisata Mangrove di Bukit Sekatup Damai BSD. Wawancara dilakukan pada semua tenaga kerja perempuan yang bekerja di
Ekowisata Mangrove di Bukit Sekatup Damai BSD yang berjumlah 9 orang sertaterhadap 1 orang Pengelola Ekowisata sebagai responden. Selanjutnya datadianalisis secara deskriptip kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja perempuan memiliki peranpenting dalam pengelolaan Ekowisata Mangrove ini seperti penjaga tiket,mengelola kantin, mengelola kebersihan di Ekowisata Mangrove BSD. Sementaraitu factor-faktor yang mempengaruhi perempuan yang bekerja adalah umur,tingkat pendidikan, jarak rumah, status perkawinan, adanya kemauan sendiri ataubukan kemauan dari diri sendiri dalam bekerja, kesulitan ekonomi keluarga, dantanggungan keluarga. Serta faktor lainnya yaitu kelancaran pembayaran gaji, dan kelancaran pemberian izin.
Kata kunci : Peran tenaga kerja, Perempuan,Ekowisata Mangrove, Bukit Sekatup Damai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN TENAGA KERJA PEREMPUAN TERHADAP PENGELOLAAN EKOWISATA MANGROVE DI BUKIT SEKATUP DAMAI KOTA BONTANG
Pengarang NASRIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Peran tenaga kerja, Perempuan,Ekowisa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan S1-KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua