Detail Cantuman Kembali
MERYANA SULISTIO - Personal Name

ANALISIS ANGGARAN DAN REALISASI BELANJA LANGSUNG DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG


Meryana Sulistio. Analisis Anggaran Belanja dan Realisasi Belanja Langsung di Kecamatan Samarinda Seberang. Dibawah bimbingan Rusdiah Iskandar, selaku Pembimbing I dan Raden Priyo Utomo, selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Anggaran Belanja dan Realisasi Belanja Langsung pada Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda pada periode 2016 dan 2017. Kinerja anggaran tersebut dapat disimpulkan efektifberdasarkan analisis dan rasio yang digunakan dalam penelitian. Adapun penelitian ini menggunakan metode Laporan Realisasi Anggaran,menggunakan analisiskinerja belanja daerah yaitu berupa Analisis Varians Belanja, Analisis Pertumbuhan Belanja, Analisis Keserasian Belanja dan Rasio Efisiensi Belanja.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Analisis varians belanja daerah mengalamiperbedaan atau selisih ahun 2016 sebesar 216,53% dan tahun 2017 sebesar 93,57% dalam hal ini ada penurunan tiap tahunnya. Pertumbuhan realisasi anggaranbelanja tahun anggaran 2016/2017 masing-masing 79,64% dan -35,34% menunjukkan adanya pertumbuhan belanja yang kurang efisien. Analisis
Keserasian Belanja Kecamatan Samarinda Seberang belanja operasi 2016-2017sebesar 12,3% dan 0,95%, sedangkan rata-rata belanja modal 2016-2017 sebesarsebesar 4,48% dan 12,87%. Hal ini sangatlah tidak baik, karena pemerintah seharusnya lebih mementingkan untuk pembangunan didaerahnya atau setidaknya seimbang antara kedua belanja tersebut. Tingkat efisiensi anggaran belanja yang pergunakan pada tahun 2016-2017 dimana 149,09% dikatakan kurang efisien dan93,57% sudah efesiensi penggunaan anggaran yang kurang efisien, karena belum berhasil memenuhi syarat efisiensi yaitu penggunaan dana yang minimum untuk mencapai hasil yang maksimal.
Kata kunci: Pertumbuhan, efisiensi, optimalisasi anggaran belanja.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS ANGGARAN DAN REALISASI BELANJA LANGSUNG DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG
Pengarang MERYANA SULISTIO - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Pertumbuhan, efisiensi, optimalisasi a
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1 AKUNTANSI PEMERINTAHAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua