Detail Cantuman Kembali
ANNISA RAHMANDANI - Personal Name

METODE UNIVERSAL KRIGING PADA DATA GEOSTATISTIK (Studi Kasus : Kandungan Air Limbah di Sungai Kandilo Kabupaten Paser Pada Bulan Januari Sampai dengan Bulan Juni Tahun 2016)

Geostatistika merupakan perpaduan ilmu pertambangan, geologi, matematika, dan statistika. Penelitian ini membahas mengenai metode universal kriging untuk mengestimasi kandungan air limbah sungai Kandilo di Kabupaten Paser pada bulan Januari-Juni 2016. Pengukuran tingkat kebersihan air menggunakan Total Suspended Solid (TSS). Semakin besar angka TSS menunjukkan bahwa derajat air limbah semakin besar. Tahap yang dilakukan adalah menghitung jarak Euclid, semivariogram eksperimental, semivariogram teoritis, pemilihan model terbaik dan estimasi menggunakan Universal Kriging. Model semivariogram teoritis terbaik yaitu model spherical dengan nilai parameter sill : 29.218,24 dan range : 29,8856. Metode spherical dipilih karena memiliki nilai Mean Square Error (MSE) terkecil dari ketiga model semivariogram teoritis yang diuji. Estimasi kandungan TSS di tiga titik lokasi menggunakan universal kriging adalah 518,5865 Mg/L yang terletak sebelum lokasi pertambangan, 740,2653 Mg/L memiliki hasil estimasi lebih tinggi dari dua titik tidak tersampel lainnya karena berada di dekat lokasi pertambangan, dan 709,3724 Mg/L yang terletak pada hilir sungai serta cukup jauh dari lokasi pertambangan. Hasil dari ketiga estimasi menunjukkan nilai kandungan TSS berada diatas batas baku mutu kandungan TSS di sungai yang ditetapkan yaitu sebesar 50 Mg/L, hal ini dapat disebabkan oleh aktivitas pertambangan sehingga mengakibatkan sungai kandilo tercemar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul METODE UNIVERSAL KRIGING PADA DATA GEOSTATISTIK (Studi Kasus : Kandungan Air Limbah di Sungai Kandilo Kabupaten Paser Pada Bulan Januari Sampai dengan Bulan Juni Tahun 2016)
Pengarang ANNISA RAHMANDANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Data spasial, semivariogram, TSS, universal krigin
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan STATISTIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua