Detail Cantuman Kembali
KHAIRUDDIN - Personal Name

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMA NEGERI 12 SAMARINDA

Khairuddin, 2019. Efektivitas Layanan Bimbinngan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di Kelas XII IPA SMA Negeri 12
Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing I Akhmad Mile,M.Pd Pembimbing II Masnurrima Heriansyah, S.Pd, M.Pd

Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 12 Samarinda yaitu memiliki motivasi yang rendah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sehingga butuh suatu metode yang efektif. Salah satu metode yang dapat ditetapkan untuk meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah layanan bimbingan kelompok. Karena dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok konselor dapat mengambil manfaat dari format pelayanan kelompok yaitu dari segi dinamika kelompok yang terbangun pada saat pemberian layanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di kelas 12 IPA SMA Negeri 12
Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA 12
Samarinda yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian berjumlah 6 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif dan uji wilxocon. Hasil pengujian uji wilcoxon menunjukan bahwa asymp. Sig 2 tailed sebesar 0,027 < 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa sebelum diberikan perlakuan termasuk dalam katagori rendah dengan persentase sebesar 39% dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok meningkat dan termasuk dalam katagori tinggi dengan persentase 64% hal ini membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan Motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kelas XII SMA Negeri 12 Samarinda

Kata kunci:, layanan bimbingan kelompok, motivasi melanjutkan pendidikan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMA NEGERI 12 SAMARINDA
Pengarang KHAIRUDDIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek layanan bimbingan kelompok, motivasi melanjutkan p
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua