PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII MTS LABBAIKA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Arisca, Devi Tri. 2015. Perbedaan Hasil Belajar TIK Dengan Model
Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dan Model
Pembelajaran Konvensional siswa kelas VII MTS Labbaika
Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan
Ilmu Komputer Universitas Mulawarman Pembimbing (1) Bapak
Drs. Muh. Ugiarto, M.si, (2) Ibu Ummul Hairah, MT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar TIK siswa dengan Model Pembelajaran Student Centered Learning
(SCL) menggunakan media Blog dan Model Pembelajaran Konvensional
menggunakan media Powerpoint menu dan shortcut program aplikasi kelas
VII MTS Labbaika Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Purposive
Sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIIIB
sebagai kelas eksperimen pertama dengan jumlah siswa 40 siswa, kelas diajar
dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)
menggunakan media Blog dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen kedua
dengan jumlah siswa 40 siswa, kelas diajar dengan menggunakan Model
Pembelajaran Konvensional menggunakan media Powerpoint. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tes akhir dengan bentuk essai.
Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil uji
Shapiro-Wilk untuk melihat normalitas data tes akhir, kelas eksperimen
pertama diperoleh nilai Sig = 0,330 dengan α = 0,05, karena nilai Sig > α
maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen pertama berasal dari
distribusi normal. Untuk kelas eksperimen kedua nilai Sig = 0,626 dengan α =
0,05, karena nilai Sig > α maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen
kedua berasal dari distribusi normal. Hasil analisis data dengan uji t yaitu
Independent Samples Test, diperoleh nilai Sig = 0,003 dengan α = 0,05. nilai
Sig < α maka H0 ditolak, karena H0 ditolak berarti terdapat perbedaan hasi
belajar TIK antara siswa yang menggunakan model Student Centered
Learning (SCL) dan Model Pembelajaran Konvensional. Analisis deskriptif
diperoleh nilai rata-rata tes akhir untuk kelas eksperimen pertama adalah
71,00 dan nilai rata-rata tes akhir untuk kelas eksperimen kedua adalah 64,70.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang diajar menggunakan Model
Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) menggunakan media Blog
dan Model Pembelajaran Konvensional menggunakan media Powerpoint di
kelas VII MTS Labbaika Samarinda Tahun Pembelajaraan 2014/2015. Hasil
pembelajaran TIK menggunakan Model Pembelajaran Student Centered
Learning (SCL) menggunakan media Blog lebih baik jika dibandingkan
dengan hasil pembelajaran TIK menggunakan Model Pembelajaran
Konvensional menggunakan media Powerpoint.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII MTS LABBAIKA SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | DEVI TRI ARISCA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY