Detail Cantuman Kembali
Savera Arnesta Tening - Personal Name

PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN WARGA PADA LINGKUNGAN WISATA KAMPOENG KENANGAN DI BALIKPAPAN

Savera Arnesta Tening, 1502095173, 2019, Administrasi Bisnis Konsentrasi Pariwisata dan Bisnis Hospitality, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, “Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Peningkatan Perekonomian Warga Pada Lingkungan Wisata Kampoeng Kenangan Di Balikpapan. Dibawah bimbingan Bapak Fareis Althalets, S.Par., M.M sebagai pembimbing I dan Bapak Daliansyah S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelompok sadar wisata dalam peningkatan perekonomian warga pada lingkungan wisata Kampoeng Kenangan di Balikpapan. Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung kelompok sadar wisata dalam peningkatan perekonomian warga pada lingkungan wisata Kampoeng Kenangan di Balikpapan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pariwisata berbasis masyarakat bagi peran kelompok sadar wisata dalam peningkatan perekonomian warga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu informan kunci (Key Informan) dan informan pendukung (Informan). Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kelompok sadar wisata dalam peningkatan perekonomian warga pada lingkungan wisata Kampoeng Kenangan adalah peran pendamping sebagai motivator, komunikator, fasilitator. Faktor penghambat adalah tidak semua masyarakat tergerak dan untuk ikut berperan aktif, kurangnya sumber daya manusia yang profesional, kurangnya perhatian dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan serta keterbatasan dalam dana. Faktor pendukung meliputi antusias dari kelompok sadar wisata dan dorongan dari tokoh- tokoh yang saling bekerjasama.
Saran untuk Pokdarwis yakni menumbuhkan apa yang sudah dicapai dan memotivasi diri serta masyarakat kepada perubahan secara optimal dari berbagai faktor penghambat dan pendukung yang terkait guna peningkatan perekonomian warga pada lingkungan wisata Kampoeng Kenangan di Balikpapan.
Kata kunci : Peran kelompok sadar wisata, Peningkatan Perekonomian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN WARGA PADA LINGKUNGAN WISATA KAMPOENG KENANGAN DI BALIKPAPAN
Pengarang Savera Arnesta Tening - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran kelompok sadar wisata, Peningkatan Perekonom
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua