Detail Cantuman Kembali
Moch Taufik hidayat - Personal Name

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 16 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Moch Taufik hidayat, 2019.Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas VII SMP N 16 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Dibawah bibingan Drs. Akhmad Mile, M.Pd, selaku pembimbing I dan Masnurrima Heriasyah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.

Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Sedangkan interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok, yang ditunjukkan melalui kerjasama dengan orang lain, individu mampu mengenali potensi diri melalui hubungan sosial dengan orang lain, serta mampu memahami orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas VII SMP N 16
Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sempel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa yang di ambil secara sampling sistematis. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini berbentuk skala dengan 4 alternatif jawaban. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, sehingga diperoleh 27 butir item valid dari 40 butir item variable konsep diri dengan reabilitas 0,834 dan 38 butir item valid dari 50 butir item variable interaksi sosial dengan reabilitas 0,880. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik, yaitu statistik deskriptif dengan rumus interval dan rumus persentasi, kemudian dengan rumus analisis korelasi spearman rank menggunakan SPSS versi 23.0.
Hasil pengolahan data mendapatkan hasil koefisien korelasi 0,531 dan signifikansi
0,000 kurang dari 0,05. Artinya apabila konsep diri yang di miliki tinggi menunjukan interaksi sosial yang di miliki baik. maka dari itu dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri denga interaksi sosial siswa kelas VII SMP N 16 Samarinda.

Kata kunci : konsep Diri, Interaksi Sosial

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 16 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang Moch Taufik hidayat - Personal Name
No. Panggil
Subyek konsep Diri, Interaksi Sosial
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua