PERAN GURU DALAM PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 PEMBINA SAMARINDA
Yaslen Dolvina, 2019. Peran Guru dalam Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Pembina Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. H. Budi Rahardjo, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, S.Pd selaku pembimbing II.
Anak usia dini sangat memerlukan perhatian khusus dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Pada dasarnya anak perlu memiliki perilaku hidup bersih dan sehat secara optimal. Guru adalah orang tua kedua bagi anak disekolah, kerena sebagian waktu anak adalah disekolah, anak bermain dan belajar disekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini serta untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat anak. Metode yang digunakan adalah Teknik kualitatif dengan pendektan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat masih kurang dalam hal mengontrol dan mengarahkan anak secara khusus dalam hal mencuci tangan dengan 6 langkah meski sebagian anak sudah bisa melakukannya tanpa harus di arahkan dan dikontrol oleh guru. Beda dengan membuang sampah dan olahraga teratur sudah cukup baik dalam pembiasaan yang dilakukan guru sehingga tahap-bertahap anak. 2) perilaku hidup bersih dan sehat anak sudah yaitu anak mencuci tangan dengan 6 langkah sudah baik meski sebagian anak masih dalam tahap perkembangan, dan perlu di arahkan dan dikontrol oleh guru.
Begitu pula dengan membuang sampah pada tempatnya anak sudah mampu melakukan meski ada sebgaian anak perlu di arahkan dan dikontrol agar anak bisa melakukan sesuai dengan harapan guru maupun peneliti. Olahraga teratur/senam pada anak sudah dilakukan dengan baik untuk perkembangan motorik anak, dimana anak sudah melakukan dengan baik meski belum sempurna adanya tetapi anak berusaha dengan keterampilannya masing-masing. Maka sangat penting perilaku hidup bersih dan sehat ditanamkan dari saat dini, karena hal ini menyangkut dengan kesehatan anak, dan ini bukan hanya sekadar penanaman semata tetapi ini adalah untuk kepentingan anak untuk kedepannya. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat bagi anak sudah berjalan dengan cukup baik serta pembiasaan tersebut adalah untuk kesiapan bersekolah ditahap selanjutnya.
Kata Kunci: Peran Guru, Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Dini
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN GURU DALAM PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 PEMBINA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | YASLEN DOLVINA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Peran Guru, Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Dini |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY