Detail Cantuman Kembali
NURHARDIATI - Personal Name

ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA LOYALITAS PASIEN DI KLINIK AMINAH AMIN DAN KLINIK RAMLAH PARJIB I KOTA SAMARINDA

Jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat menyebabkan semakin meningkatnya jumlah penyedia jasa layanan kesehatan di Indonesia. Hal ini akan menimbulkan ancaman bagi pengelola fasilitas kesehatan karena harus menghadapi persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan jumlah pelanggan. Fasilitas kesehatan seperti klinik memerlukan strategi pemasaran yang sesuai agar mampu mempertahankan eksistensinya di lingkungan yang kompetitif, salah satunya dengan penerapan bauran pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan penilaian pasien terhadap jasa yang diberikan oleh klinik. Dengan meningkatnya penilaian pasien terhadap jasa yang diberikan kepada pasien diharapkan dapat berlanjut pada pembentukan loyalitas pasien terhadap klinik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan bauran pemasaran pada loyalitas pasien di kedua klinik dan untuk mengetahui hubungan antara variabel bauran pemasaran jasa dengan loyalitas pasien di Klinik Aminah Amin dan Klinik Ramlah Parjib I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dan dilakukan pada bulan April hingga Mei 2019. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan di Klinik Aminah Amin dan Klinik Ramlah Parjib I dengan jumlah sampel sebanyak 190 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada loyalitas pasien, bauran produk, harga, tempat, promosi dan bukti fisik di Klinik Aminah Amin dan Klinik Ramlah Parjib I. Terdapat hubungan antara loyalitas pasien dengan bauran bukti fisik di Klinik Aminah Amin. Terdapat hubungan antara loyalitas pasien dengan bauran proses dan bauran bukti fisik di Klinik Ramlah Parjib I.
Sebanyak 27 responden di Klinik Aminah Amin dan 20 responden Klinik Ramlah Parjib I termasuk dalam kategori kurang loyal, sehingga disarankan bagi Klinik untuk mempertimbangkan dan mengembangkan strategi bauran pemasaran jasa, terutama pada variabel bauran pemasaran yang berhubungan dengan loyalitas pasien seperti bauran proses dan bukti fisik dengan cara terus berupaya meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Loyalitas Pasien, Klinik Aminah Amin, Klinik Ramlah Parjib

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA LOYALITAS PASIEN DI KLINIK AMINAH AMIN DAN KLINIK RAMLAH PARJIB I KOTA SAMARINDA
Pengarang NURHARDIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Bauran Pemasaran Jasa, Loyalitas Pasien
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua