Detail Cantuman Kembali
ENCE MUHAMMAD FALDANO - Personal Name

STUDI TENTANG PERNIKAHAN ADAT SUKU KUTAI DI KELURAHAN SIDODADI KOTA SAMARINDA


Ence Muhammad Faldano, Studi Tentang Pernikahan Adat Suku Kutai di Kelurahan Sidodadi, Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. M. Jamil, S.Pd, M.Ap selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Demsy B. Salindeho, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan sebelum pelaksanaan pernikahan adat, proses pelaksanaan pernikahan adat, proses yang dilakukan setelah pelaksanaan pernikahan adat Kutai.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah masyarakat di Jl. Vorvo Samarinda yang berjumlah 175 Orang, sedangkan sebagai informan adalah 5 orang. Teknik yang yang digunakan untuk mendapatkan sumber data adalah purposive sampling dengan mengambil RT sebanyak 1 orang, ketua adat atau tokoh adat sebanyak 2 orang, keluarga dari peneliti suku kutai sebanyak 2 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dan data sekunder melalui arsip-arsip dan dokumen. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan tahap reduksi data, display data, verifikasi atau menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)- proses pelaksanaan pernikahan adat suku Kutai di Kelurahan Sidodadi, Kota Samarinda : a)-Persiapan Sebelum Pelaksanaan Pernikahan Adat Suku Kutai. b)-Proses Pelaksanaan Upacara Perkawinan Adat Kutai. Sebelum dilaksanakan Upacara Adat Naik Penganten, terlebih dahulu dilaksanakan acara Akad Nikah. 2)-Proses pelaksanaan ritual Adat Menetap Sesudah Perkawinan Adat Suku Kutai : a)-Hak dan Kewajiban suami dan istri. b)-Makna yang terkandung di dalam pelaksanaan pernikahan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PERNIKAHAN ADAT SUKU KUTAI DI KELURAHAN SIDODADI KOTA SAMARINDA
Pengarang ENCE MUHAMMAD FALDANO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua