Detail Cantuman Kembali
SHELLA HARDIKA ASMARA - Personal Name

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVB SDN 003 SAMARINDA SEBERANG TAHUN AJARAN 2018/2019 (Materi: FPB dan KPK)

Shella Hardika Asamara, 2019. Peningatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas IVB SDN 003 Samarinda Seberang Tahun Ajaran 2018/2019 (Dibimbing oleh Dra. Hj. Sestuningsih MR, M.Pd pembimbing I dan Drs. H. Kusdar, S.Pd. M.Ag pembimbing II)

Kata kunci : Hasil belajar matematika, FPB dan KPK, model pembelajaran problem based learning.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IVB SDN 003 Samarinda Seberang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IVB SDN 003 Samarinda Seberang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus dimana setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan belajar mencapai 75% dari jumlah siswa dikelas yang telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 60 dengan presentase ketuntasan 45% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75 dengan presentase ketuntasan mencapai 78%. Presentase peningkatan dari siklus I ke seklus II sebesai 33%. Berdasarkan kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran model Problem Based Learning pada siswa kelas IVB SDN 003 Samarinda Seberang Tahun Ajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVB SDN 003 SAMARINDA SEBERANG TAHUN AJARAN 2018/2019 (Materi: FPB dan KPK)
Pengarang SHELLA HARDIKA ASMARA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua