PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMARINDA
Ayu Widiya Lestari, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Samarinda. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Dr. H. Yusak Hudiyono, M.Pd. selaku pembimbing I dan Syamsul Rijal, S.S., M.Hum.
Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation, Menulis Teks Negosiasi
Permasalahan dalam kemampuan menulis teks negosiasi siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain Pre Experimental Design. Penelitian ini membandingkan dua kelas berbeda, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan post-test kemampuan menulis teks negosiasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan uji normalitas dan homogenitas untuk melihat apakah sebaran data yang diperoleh berdistribusi normal dan bersifat homogen. Kemudian, untuk melihat ada tidaknya pengaruh penerapan model Group Investigation terhadap kemampuan menulis, peneliti melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Uji T (T-Test). Berdasarkan hasil perhitungan, maka diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.004 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar menulis teks negosiasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ayu Widiya Lestari - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Group Investigation, Menulis Teks Negosiasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY