PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN AGRESIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI KOTA BONTANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial, aktivitas belajar, dan agresivitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri Kota Bontang tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri Kota Bontang yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 264 siswa. Pengumpulan data dari sampel dilakukan dengan menggunakan angket interaksi sosial, aktivitas belajar, dan agresivitas serta tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda dan uraian. Sebelum melakukan penelitian, angket dan tes diuji cobakan di kelas XI Kimia Industri B dan XI Kimia Analis B SMKN 1 Bontang yang berjumlah 55 siswa.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata interaksi sosial sebesar 136,708; aktivitas belajar sebesar 119,614; agresivitas sebesar 84,746; dan hasil belajar matematika sebesar 32,652 sehingga keempat variabel termasuk dalam kategori sedang. Dari uji normalitas diperoleh nilai signifikan variabel hasil belajar matematika sebesar 0,172; maka data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari hasil uji homoskedastisitas dengan uji BreuschPagan-Godfrey diperoleh varians populasi homogen. Hasil uji linieritas diperoleh nilai signifikan statistik untuk semua variabel sebesar 0,000; maka semua variabel linier.
Hasil penelitian menggunakan analisis jalur, untuk sub-struktur diperoleh persamaan , dengan nilai signifikan statistik 0,000; maka persamaan jalur sub-struktur 1 signifikan, sehingga terdapat pengaruh interaksi sosial dan aktivitas belajar terhadap agresivitas siswa kelas XI SMKN Kota Bontang, untuk persamaan analisis jalur sub-struktur 2 diperoleh dengan nilai signifikan statistik 0,000; maka persamaan jalur sub-struktur 2 signifikan, sehingga terdapat pengaruh interaksi sosial, aktivitas belajar, dan agresivitas terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, (1) terdapat pengaruh interaksi sosial dan aktivitas belajar secara simultan dan parsial terhadap agresivitas siswa kelas XI SMKN Kota Bontang; (2) terdapat pengaruh interaksi sosial, aktivitas belajar dan agresivitas secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas XI SMKN Kota Bontang; dan (3) terdapat pengaruh interaksi sosial dan aktivitas belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika melalui agresivitas siswa kelas XI SMKN Kota Bontang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, AKTIVITAS BELAJAR, DAN AGRESIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI KOTA BONTANG TAHUN AJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | AFI ATUL KHASANAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Interaksi Sosial, Aktivitas Belajar, Agresivitas, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY